Laman

Kamis, 27 Mei 2010

Endolimax Nana

Definisi Endolimax Nana
E. Kista E. nana adalah bundar oval untuk mengukur 5-10 μm (biasanya 6-8 µm), walaupun kista sebesar 14 μm telah dilihat 2. Itu kista matang berisi 4 inti, sementara jarang terlihat dewasa. kista berisi 2 inti, tidak ada perifer CHROmatin and the karysome is smaller than those in matin dan karysome lebih kecil daripada di trophozoites tetapi lebih besar daripada yang ada di Entamoeb spesies Dalam persiapan yang basah muncul karysomes sangat refractile.
Hanya kadang-kadang, sangat kecil, sedikit melengkung chromatoidal hadir, tetapi butiran-butiran kecil mungkin kadang-kadang terlihat dalam sitoplasma Ada sering baik trophozoites dan kista spesimen klinis. Hominis Blastocystis kista umumnya bulat dan ukuran 6-40 μm. Kista yang besar biasanya memiliki central tubuh (vakuola), yang menempati 90% dari sel yang tidak memiliki struktur nuklir, tetapi memiliki tepi perifer butir, fungsi yang tida diketahui. Badan pusat dikelilingi oleh kecil beberapa inti. Trophozoite tahap yang jarang terlihat dan sangat sulit untuk mengidentifikasi. B. hominis mampu kedua seksual dan reproduksi aseksual dengan binerefisi dan pseudopod ekstensi dan penyusutan. Retortamonas intestinalisis adalah non pathogenic. Tinal mendera ditemukan di daerah beriklim sedang hangat dan infeksi diperoleh melalui konsumsi dari kista. Parasit ini dapat karena sifatnya; ukuran kecil (trophozoite: panjang 4-9 μm dengan lebar 3-4 μm; kista: 4-9 μm panjang sebesar 5 μm lebar). Entamoeba hartmanni trophozoites (0.507-3) ukuran 5-12 μm dengan kista berbentuk bola measuring 5-10 μm.
Inti mengandung amoeba distrib- kromatin perifer yang baik dan merata seperti halnya Entamoeba histolytica / E. dis- penyakit par, dan mungkin muncul sebagai cincin solid. karyosome E. hartmanni kecil, kompak, dan terpusat terletak atau eksentrik. Sitoplasma adalah halus granular dan mungkin mengandung bakteri, tetapi tidak sel-sel darah merah. Umumnya, di manapun mengandung kista 1-2 nukleus dengan kista matang berisi sampai dengan 4 inti. Kista matang cenderung chromatoidal mempertahankan bar yang lebih kecil dan lebih banyak daripada yang ditemukan dalam E. histolytica/E .dispar. Dientamoeba fragilis (0.604-2) hanya ada sebagai sebuah trophozoite. Trophozoites ukuran 5-15 μm (kisaran, 4-30 μm) dengan diameter dan mengandung 1-2 inti. Yang paling umum adalah binucleated, Namun, sekitar 20-30% adalah uninucleated. Inti yang berbeda, dengan beberapa (4-8) butiran kromatin mengelompok di tengah masing-masing inti. Sitoplasma sering berisi vakuola mengandung bakteri. Juga dapat dengan mudah terjawab dalam noda kotor permanen sebagai trophozoites yang halus dan mungkin pucat-noda.
Parasitologi CMPT enterik 0.707-1 E. nana, B. hominis ( nana, B. Hominis).





Endolimax Nana
adalah genus amoebozoa yang ditemukan dalam usus berbagai hewan, termasuk spesies ditemukan pada manusia. Hal ini menyebabkan penyakit tidak diketahui, meskipun sangat signifikan di bidang kedokteran karena dapat memberikan hasil positif palsu untuk tes lain, terutama spesies yang serupa Entamoeba histolytica, yang patogen yang bertanggung jawab atas amuba disentri, dan karena kehadirannya menunjukkan host memiliki bahan tinja dikonsumsi. Membentuk kista dengan empat inti yang excyst dalam tubuh dan menjadi trophozoites. Endolimax nana inti memiliki endosome besar agak off-pusat dan sejumlah kecil terlihat kromatin atau tidak sama sekali.
Kista
Kista kecil, dengan bentuk bulat untuk ellipsoidal. Kista matang berisi empat inti; dewasa kista jarang terlihat. Kista ini ukuran 5-10 mm, dengan kisaran yang biasa 6-8 mm. Dalam persiapan bernoda, inti memiliki karysome yang berbeda, meskipun tidak sebesar seperti yang terlihat dalam trophozoite, masih lebih besar daripada Entamoeba karysome dari spesies. Kromatin perifer tidak ada. Meskipun inti tidak terlihat pada persiapan tidak dicemarkan, maka dengan mudah karysomes yodium apparet dalam basah bernoda mounts. Sitoplasma menyebar mungkin mengandung glikogen, dan tubuh kromatid absen. Kadang-kadang, butiran kecil atau inklusi mungkin terjadi di sitoplasma.


Trophozoite
Tahap ini adalah kecil, berukuran 6-12 mm, dengan kisaran rata-rata 8-10 um. Trophozoites hidup yang lamban dan umumnya non-progresif. Inti tunggal kadang-kadang dapat dilihat dalam persiapan tidak dicemarkan. Dalam bernoda organisme, yang biasanya karyosome besar dan berbentuk tidak teratur, tetapi kadang-kadang mungkin terpecah-pecah atau diletakkan di satu sisi membran nuklir. Ada kromatin perifer pada membran nuklir. Sitoplasma, yang kasar dan sering sangat rinci vacuolated, mungkin mengandung bakteri.
B. Penjelasan Endolimax Nana
Penyakit
Tidak menimbulkan penyakit (komensal di usus).
Hospes
Manusia.
Morfologi
Terbagi atas dua bentuk yaitu:
Bentuk trofozoit : besarnya 6-15 mikron, sitoplasmanya bergranula dan bervakuol, inti sentral, mempunyai kariosom yang nyata.
Bentuk kista : besarnya 5-14 mikron, mempunyai 4 inti yang letaknya tidak teratur.
Patologi Klinis
Tidak ditemukan gejala.
Diagnosis
Ditemukan bentuk kista.
Terapi
Tidak memerlukan terapi, higiene perorangan dan kebersihan perorangan atau lingkungan harus diperhatikan.

Kedua CMPT QA laboratorium rujukan melaporkan Endolimax
Nana, Enta- nana dan Blastocystis hominis dan satu juga dilaporkan enta -
moeba hartmanni. GRADING Endolimax . Semua laboratorium melaporkan adanya Endolimax nana and Blastocystis hominis . dan Blastocystis hominis.Tiga laboratorium juga melaporkan.
Entamoeba hartmanni , Retortamonas intestinalis , Entamoeba hartmanni, satu melaporkan Retortamonas intestinalis, Dientamoeba fragilis. dan satu Dientamoeba melaporkan fragilis. Nilai, berdasarkan hasil gabungan smear dan berkonsentrasi pelaporan, diperlihatkan pada Tabel 1. Pelaporan laboratorium Dientamoeba fragilis, menerima kelas tidak dapat diterima. Laboratorium ini diminta untuk meninjau , kemudian, jika perlu, ke depan untuk CMPT untuk konfirmasi.





C. Tabel Laporan

Tabel 1. 0707-1 Endolimax nana Combination results received. Kombinasi 0.707-1 nana Endolimax hasil yang diterima.

LAPORAN DITERIMA (PARASITE EMBOLD -
ENED = MAJOR PATHOGENS) PERLU = MAYOR PATOGEN)
NO LABS GRADES
Endolimax nana, B. hominis, and hominis, dan
( E. hartmanni [n=2]) (E. hartmanni [n = 2])
21 (91%) Diterima
E.nana, B.hominis, Retortamonas
intestinalis intestinalis
1 Diterima
E. nana, E. Hartmanni, B. hominis,
Dientamoeba fragilis Dientamoeba fragilis
1 unacceptable dapat

Total 23 100%

Pada bulan Oktober 2003 sebuah sampel (0.310-3) dengan E nana dikirim dan 92.5% (25/27) dari peserta melaporkan E. nana ; namun hanya
89% menerima nilai yang dapat diterima (sebagai salah satu laboratorium melaporkan E. patogen utama (Cryptosporidium parvum) dengan E. nana dan 2 laboratorium tidak melaporkannya. IDENTIFIKASI Endolimax nana adalah salah satu yang lebih kecil non patogenik amebae; itu didistribusikan di seluruh dunia. Endolimax nana Trophozoites dari langkah-langkah 6-12 μm (biasanya 8-10 μm). Motilitas adalah lesu, nonprogressive dengan tumpul hialin pseudopodia. Dalam persiapan bernoda secara permanen, menampilkan inti besar "noda-seperti" karyosome dikelilingi oleh sebuah "halo" tanpa kromatin perifer pada membran nuklir.
Sitoplasma adalah butiran, vacuolated dan mungkin mengandung bakteri. Mungkin ada banyak variasi nuklir dan E. nana bisa meniru E.
hartmanni dan D. fragilis. Bahkan, E. nana and D. nana dan D. fragilis adalah mudah bingung. Laboratorium yang dilaporkan D. fragilis ditanya untuk meninjau, kemudian, jika perlu, ke depan untuk CMPT untuk konfirmasi.


















D.KLINIS SIGNIFIKANSI
Modus transmisi menelan kista matang dalam makanan atau air yang terkontaminasi.E. nana ditemukan dalam hangat, lembab iklim dan cenderung kurang tahan terhadap dessication daripada Entameoba coli. Meskipun dianggap sebagai non-patogen, penelitian terbaru
shown E. ditampilkan E. nana , along with B. nana, bersama dengan B. hominis , to cause periodic, mild- hominis, menyebabkan periodik, ringan dan usus ketidaknyamanan pada anak-anak ketika mereka terjadi pada prevalensi tinggi dan intensitas
Parasit berhubungan dengan kekurangan sanitasi dan kebersihan rendah stándar ditemukan di negara-negara berkembang. Peran (hominis Blastocystis) penyakit manusia masih controversi, meskipun banyak penelitian yang mendukung atau menyangkal
pathogenicity. pathogenicity. Ini dapat dideteksi di tinja 1-40% dari spesimen depending tergantung pada lokasi geografis dari pasien dan dikaitkan dengan mual, demam, muntah, diare dan sakit perut. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bentuk-bentuk ameboid B. hominis dapat menjadi indikator pathogenicity atau paling mungkin untuk berkontribusi pathogenicity dan bertanggung jawab atas gejala
Banyak laboratorium quanititate B. hominis pada formulir laporan, misalnya, hanya sedikit, sedang, atau banyak. Saat ini metronidazol tampaknya menjadi obat yang paling tepat jika mengobati dibenarkan


E.MACAM- MACAM RHIZOPODA

Entamoeba Histolytica Trofozoit
Trofozoitnya memiliki ciri :
1. ukuran 10-60 μm
2. sitoplasma bergranular dan mengan-dung eritrosit, yang
merupakan penanda penting untuk diagnosisnya
3. terdapat satu buah inti entamoeba, ditandai de-ngan karyosom
padat yang terletak di tengah inti, serta kromatin yang tersebar
di pinggiran inti
4. bergerak progresif dengan alat gerak ektoplasma yang lebar,
disebut pseudopodia.
Kista Entamoeba histolytica memiliki ciri-ciri morfologi sebagai
berikut:
Entamoeba histolytica Kista
Kistanya memiliki ciri
1. bentuk memadat mendekati bulat, ukuran 10-20 μm
2. kista matang memiliki 4 buah inti entamoba
3. tidak dijumpai lagi eritrosit di dalam sito-plasma
4. kista yang belum ma-tang memiliki glikogen (chromatoidal
bodies) berbentuk seperti cerutu, namun biasanya meng-hilang
setelah kista matang.


Entamoeba coli Trofozoit
Trofozoit ditandai dengan ciri-ciri morfologi berikut:
1. bentuk ameboid, ukuran 15-50 μm
2. sitoplasma mengandung banyak vakuola yang berisi bakteri,
jamur dan debris (tanpa eritrosit)
3. nukleus dengan karyosom sentral dan kromatin mengelilingi
pinggirannya
4. pseudopodia kurang lebar, sehingga tidak progresif dalam
bergerak

Entamoeba coli Kista
Kista E. coli memiliki ciri-ciri berikut:
1. bentuk membulat dengan ukuran 10-35 μm
2. kista matang berisi 8-16 inti
3. chromatoidal bodies berupa batang-batang langsing yang
menyerupai jarum

Endolimax nana trofozoit

- sitoplasma bergranula dan bervakuol
Endolimax nana kista

- mempunyai 2-8 inti yang letaknya tidak teratur
-

Iodamoeba butschlii trofozoit

- mempunyai 4 inti yang letaknya tidak teratur
- inti 1 kariosoma sentral tidak ada kromatin perifer
- vakuola isi makanan atau bakteri
- ada granula pucat sekitar inti/halo
Iodamoeba butschlii kista
- bentuk lonjong atau piriform
- mempunyai 1 inti dengan vakuol glikogen besar
bentuk bulat
- benda kromatoid bentuk jarum
- dinding tebal

Tidak ada komentar: